Páginas

Thursday, February 28, 2013

Beberapa Istilah Dalam Renang



Tugas Renang Dasar
Beberapa Istilah Dalam Renang











OLEH:

Rendi Yenzia Ulfa
1102968/ 2011







JURUSAN KEPELATIHAN OLAHRAGA
FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
UNIVERSITAS NEGERI PADANG
2012



Istilah Dalam Renang


A.    Renang Gaya bebas
·         Pase Tangan Masuk Dalam Air ( ENTRY PHASE )
      Tangan masuk kedalam air dengan mengunakan ujung jari tangan, dimana ibu jari yang berada di bagian bawah. Sehingga tangan kembali lurus kedepan.
·         Pase Menarik ( PULL PHASE )
      Pada phase ini melakukan gerakan menarik, dimana tarikan dengan posisi telapak tangan bergerak lebih dahulu dari siku. Siku saat ini sedang mengambil sikap dengan sudut 90-110 derajat, sedangkan ujung jari tangan berada agak jauh dari pusar setelah melakukan gerakan.
·         Pase Mendarong ( PUSH PHASE )
      Dalam melakukan gerakan mendorong, dimana dilakukan setelah gerakan menarik atau disebut juga dengan phase dimana tangan melakukan sapuan kedalam. Phase ini dilakukan saat memulai dari bawah pusar hingga dibawah pinggul, dengan mengunakan patokan ibu jari tangan bahagian bawah pangkal paha.
·         Pase istirahat ( RECOVERY PHASE )
      Pase ini dilakukan setelah dorongan akir dan akan dimulainya lengan keluar permukan air. Pada pase ini sesuai dengan namanya, maka usahakan betul-betul suatu kondisi dimana perenang yang melakukannya dalam keadaan istirahat.
·         Gerakan Kaki ( BEAT )
      Pada pase ini gerakan kaki dilakukan dengan lecutan secara bergantian keatas kebawah. Pada akir pase tangan mendorong dan menariknya kedepan atau terus melakukan RECOVERY, maka beat dalam bentuk koordinasi harus diperhatikan, yaitu kaki tidak terlalu dalam saat melecut kedalam air dan tempo dari lucutan kaki harus teratur biasanya terjadi gerakan yang membengkok pada kaki adalah saat terjadinya pengambilan nafas dan lecutan.
B.     Renang Gaya Dada
a)      Kepala
·         Pilihlah kolam renang yang kedalaman airnya kisaran setinggi lutut orang dewasa.
·         Ambillah posisi badan seperti posisi push up di dalam air, dengan posisi kepala masih berada di atas permukaan air.
·         Dengan perlahan dan serentak dengan tarikan nafas, kepala dimasukkan kedalam air dengan bagian wajah yang dahulu dimasukkan.
·         Setelah berapa detik, kepala kembali diangkat perlahan dengan pembuangan nafas dengan perlahan.
b)     Tangan
·         Dengan masuknya jepala kedalam air maka dengan serentak tangan ditekuk dengan posisi tangan berada di depan wajah, dan langsung tangan diluruskan kedepan, dengan lengan menjepit kepala.
·         Serentak dengan gerakan kepala no.4, tangan digerakkan kebawah dengan posisi agak menyerong, tetapi tidak sampai melewati bahu.
c)      Kaki
·         Mula-mula kaki ditekuk dengan sumbu tekukan pada bagian lutut (poros tidak boleh dari bagian paha).
·         Posisi kaki dilentikkan dengan telapak menghadap keatas (kaki tidak dalam saling bersentuhan).
·         Dengan sedikit sentakan, kaki di tendangkan kembali ke belakang.
 

Artigos Relacionados

0 komentar, BUDAYAKAN UNTUK MENINGGALKAN KOMENTAR: